lazada.co.id

Advertisment

Mengubah Port Server Apache di Xampp

Monday 10 June 2013

Bagi kebanyakan web developer pasti pernah mengalami masalah pada server apache mereka, yang sering bikin pusing dan mengganggu dalam pengembangan web contoh masalah yang sering muncul di server apache adalah dimana port 80 yang merupakan port default server apache tidak jalan atau mati dengan muncul perintah "Busy...apache started [ port 80] "hal ini diakibatkan port 80 ada aplikasi yang menggunakan port tersebut, kebanyakan kasus yang diperoleh dari milis dan forum adalah ketika mereka menggunakan aplikasi skype dan aplikasi inilah yang menempati port 80.
Kalau hal ini benar yang kamu alami coba cek apakah kamu menjalankan  skype, matikan aplikasi skype dan restart apachenya, dan lihat hasilnya. Atau kamu tidak menginingkan skypenya mati coba kamu ubah port nya, buka folder xampp-->apache-->conf-->httpd.conf, buka file httpd.conf dengan program teks editor seperti notepad cari teks listen 80 ubah ke angka berapa yang kamu suka. lihat contoh..

# Change this to Listen on specific IP addresses as shown below to
# prevent Apache from glomming onto all bound IP addresses (0.0.0.0)
#
#Listen 12.34.56.78:80
Listen 85

#
# Dynamic Shared Object (DSO) Support
#

 Dana janagn lupa uabah teks ServerName Localhost-nya

# If your host doesn't have a registered DNS name, enter its IP address here.
#
ServerName localhost:85

#
# DocumentRoot: The directory out of which you will serve your

Alasan lain mengubah port server apache adalah ketika kita ingin menggunakan banyak server local dikomputer kita, biasanya bagi para developer yang menggunakan bahasa pemrograman server side misalnya .net yang biasanya menggunakan server IIS bawaan windows. thats it..
mudah-mudahan masalah kamu teratasi.

Leave a Reply

Powered by Blogger.

Ad

Freelance JobsPowered by