lazada.co.id

Advertisment

Mengetahui Tipe Pemakai Social Media

Monday, 2 April 2012 · Posted in , , , ,

Seperti halnya bersosial di dunia nyata, dimana terdapat banyak cara yang berbeda yang ditunjukan seseorang dalam berinteraksi denga orang lain, cara bagaimana mereka menyampaikan pernyataan, menanggapi pernyataan dan berbagai respon yang ditimbulkan oleh lingkungan sekitarnya.

Tidak banyak perbedaan komunikasi didunia maya maupun dunia maya seperti aktifitas para pengguna social media seperti facebook, twitter, blog, linkedin hingga forum online seperti kaskus dimana secara bersama-sama sudah membentuk suatu ekosistem yang saling berkomunikasi dan menunjukan eksistensinya masing-masing,dan cara berkomunikasi merekapun berbeda-beda oleh karena itu mereka bisa dikelompokan menjadi beberapa kelompok.

Creator
Ini adalah tipe aktifis social media yang secara aktif menciptakan kontent-kontent untuk dipublikasikan dan didistribusikan online secara bebas, seperti artikel blog, website, musik dan video.

Conversationalist.
Tipe ini biasanya suka meng-update status mereka di facebook dan twitter dan berbalas komentar di social media.

Critics
Sesuai dengan namanya mereka seringkali mengkritisi sesuatu yang mereka lihat di social media, mereka aktif meninggalkan komentar di blog-blog dan aktif berkontribusi di forum-forum.

Collectors
Tipe ini menjadi orang yang lebih daulu tahu mengenai berita-berita terbaru, collectors sering menggunakan RSS Feed untuk mempersingkat waktu konsumsi mereka dengan menggunakan komputer maupun smart phone.

Joiners
Tipe ini biasanya membuat akun di social media hanya sebatas untuk menjaga hubungan dengan teman, kenalan dan sanak keluarga, mereka sering kali berkunjung ke situs facebook, twitter maupun linkedin tapi mereka jarang sekali meng-update status mereka maupun memberi komentar.

Spectators
kelompok ini adalah kelompok mayoritas di dunia media digital karena mereka sering membaca blog, menonton vodeo, membaca forum online, membaca komentar orang lain.

Inactives
Kelompok ini minim berpartisipasi dalam media digital mereka menggunakan internet hanya sebatas membaca emaildan mencari informasi ringan.

Ref: Majalah Marketing

Leave a Reply

Powered by Blogger.

Ad

Freelance JobsPowered by